Programmer Amatiran dan Network Administrator Kurang Kerjaan

Kamis, 07 April 2016

Resistensi Individual dalam Perubahan Robbins (2001)

Robbins (2001) mengungkapkan ada enam factor yang merupakan kekuatan untuk perubahan yaitu; (1) sifat tenaga kerja, (2) teknologi, (3) kejutan ekonomi, (4) persaingan, (5) kecenderungan social, (6) politik dunia
Robbins (2001) menyebutkan pula ada lima factor yang menjadikan resistensi individual yaitu;
1. Habits (kebiasaan); Bila dihadapkan pada perubahan, kecenderungan merespon cara-cara yang sudah biasa menjadi sumber resistensi.
2. Security (Keamanan); Orang yang kinerjanya rendah dan tidak kompetitif cenderung menolak perubahan. Mereka khawatir perubahan dapat menimbulkan ketidakpastian dan berdampak negative terhadap kelangsungan masa depannya.
3. Economic Factors (Faktor Ekonomis); Tugas baru dapat menimbulakan ketakutan ekonomis apabila tidak mampu menunjukkan kinerja yang lebih baik. Perubahan di nilai dapat mempengaruhi pendapatan yang selama ini telah di peroleh dengan kemungkinan dampaknya terjadi penurunan.
4. Fear Of The Unknown (Ketakutan atas ketidaktahuan) ; Perubahan dapat mengakibatkan perpiundahan dari unit kerja yang satu ke unit kerja lainnya, dari suatu system yang sudah di kenal ke sistim baru yang belum di kenal.Hal tersebut menyebabkan ketidakpastian karena menukar dari yang sudah di ketahui ke suatu yang belum diketahui sehingga mengakibatkan ke khawatiran dan ketidak amanan.
5. Selective Information (Rposes Informasi Selektif); Individu membentuk dunianya melalui persepsinya. Sekali dibangun kemapanan akan menentang perubahan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar