Programmer Amatiran dan Network Administrator Kurang Kerjaan

Kamis, 07 Mei 2015

Cara Sakti Memperbaiki Printer Canon MP287 Blinking/Berkedip

Printer Canon Pixma MP287 ini memang cukup baik hasilnya, baik itu untuk mencetak dokumen maupun mencetak foto, namun yang namanya barang dipakai, pasti ada rusaknya, apalagi barang elektronik, akan tetapi jangan sedih dulu, jangan berpikir setiap kerusakan itu mahal, seperti kerusakan yang akan dijelaskan di bawah ini yang sebetulnya dapat kita perbaiki sendiri dengan cara yang dapat dikatakan sangat mudah, cukup dengan kemauan dan sedikit waktu untuk percobaan/bereksperiman.


Sebelum kita perbaiki printer canon yang blinking atau berkedip sebaiknya kita tahu dulu kode yang muncul pada layar lcd printer, biasanya memunculkan kode-kode berikut :

E02 : 
Printer Kehabisan kertas (Printer is Out of Paper ) atau kertas tidak masuk dengan baik. Masukkan kertas dengan benar.

E03 : 
Kertas Macet (Paper Jammed) atau Output Kertas Tertutup. Membuka Output Kertas, Reload Kertas dengan benar.

E04 atau E05 : 
Cartridge anda tidak terdeteksi / tidak terkenali oleh printer (The FINE Cartridge cannot be recognized). Cartridge harus terpasang dengan baik atau bukan Compatible. Cobalah Lepaskan Cartridge dulu, Kemudian pasang kembali dengan mendorong lalu Kunci cartridge sampai mengklik ke tempatnya.

E07 Kode Error P07 
menunjukan Counter pencetakan sudah Full, solusinya adalah kita harus meresetnya. 

Langkah yang akan kita lakukan untuk mengatasai masalah tersebut adalah membuat printer dalam mode Service MODE/SAVE MODE, kemudian kita Reset Counter menggunakan Software.

->> Masuk SAVE MODE printer :
      Printer dalam kondisi Off, kabel power tidak dilepas dari listrik;

->> Tekan Tombol STOP/RESET dan tahan;
->> Tekan Tombol Power, sehingga kedua tombol masih tertekan;
->> Lepaskan Tombol STOP/RESET;
->> Tombol POWER masih ditekan, pencet Tombol STOP/RESET sebanyak 6x, setiap anda pencet, lampu warning akan berkedip, berarti printer merespon tekanan Anda;

Jika berhasil, Printer akan mejalankan Rollernya, tunggu beberapa saat, ini membutuhkan waktu sekitar 2-3 menit-an, saat ini Display akan BLANK, pada saat dekstop Anda akan merespon "ada perangkat baru" abaikan saja.

setelah itu jalankan aplikasi atau software resetter untuk printer canon MP287.
dapat di lihat pada link berikut ini
 http://sluufy.blogspot.com/2015/05/dd.html
Share:

0 komentar:

Posting Komentar