Programmer Amatiran dan Network Administrator Kurang Kerjaan

Kamis, 07 April 2016

Faktor yang menjadi Hambatan Individual untuk Perubahan Oleh Greenberg dan Baron

Greenberg dan Baron (2003) mengidentifikasi adanya lima factor yang menjadi hambatan individual untuk perubahan, yaitu;1

  1. Ketidakamanan ekonomis, setiap perubahan memiliki potensi bagi seseorang untuk kehilangan pekerjaan atau penurunan upah. Dengan demikian suatu perubahan dapat menimbulkan ketidak amanan secara ekonomis pada pekerja.
  2. Ketakutan atas hal yang tidak di ketahui; suatu perubahan merupakan gangguan atas pola yang sudah mapan dan menciptakan kondisi yang tidak biasa. Dengan demikian, perubahan merupakan suatu keadaan yang sering ditolak karena orang takut menghadapi konsekwensi dari perubahan yang wujudnya dalam banyak hal belum jelas.
  3. Ancaman terhadap hubungan sosial; banyak perubahan organisasi mengancam intergritas persahabatan kelompok yang memberikan penghargaan sosial yang sangat berharga. Suatu perubahan dapat merusak tatanan hubungan sosial yang tidak diinginkan. Kehawatiran tersebut menyebabkan sebagian diantara kita tetap ingin mempertahankan kondisi status quo.
  4. Kebiasaan; Perubahan dalam cara mengerjakan pekerjaan sering berakibat pada keharusan untuk mengubah kebiasaan. Sementara itu, mengubah kebiasaan dirasakan sebagai ketidak nyamanan sehingga cenderung menimbulkan resistensi.
  5. Kegagalan mengenal kebutuhan untuk berubah; Seringkali orang kurang memahami arti pentingnya melakukan perubahan karena didominasi oleh kepentingannya.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar